Perawatan Terbaik Untuk Kanker Payudara

Perawatan Terbaik Untuk Kanker Payudara

Perawatan Terbaik Untuk Kanker Payudara

Perawatan Terbaik Untuk Kanker Payudara – Dalam beberapa tahun terakhir, sudah ada ledakan kemajuan pengobatan yang menyelamatkan jiwa terhadap kanker payudara, membawa harapan baru dan kegembiraan. Alih-alih hanya satu atau dua pilihan, hari ini ada menu pilihan pengobatan yang luar biasa yang melawan campuran kompleks sel di setiap kanker.

Tidak peduli yang mana yang Anda pilih, semua perawatan kanker payudara memiliki dua tujuan utama :

  • Untuk membersihkan tubuh sebanyak mungkin kanker
  • Untuk mencegah penyakit datang kembali

Bagaimana Saya Tahu Perawatan Kanker Payudara, Apa yang Harus Dipilih ?

Dokter Anda akan memikirkan beberapa hal sebelum dia merekomendasikan perawatan untuk Anda :

  • Jenis kanker payudara yang Anda miliki
  • Ukuran tumor Anda dan seberapa jauh kanker telah menyebar di tubuh Anda
  • Jika tumor Anda memiliki hal yang disebut “reseptor” untuk protein HER2, estrogen, dan progesteron atau fitur khusus lainnya.

Perawatan Kanker Payudara

Beberapa perawatan menghilangkan atau menghancurkan penyakit di dalam payudara dan jaringan di sekitarnya, seperti kelenjar getah bening. Ini termasuk :

1. Operasi

Langkah pertama dan bentuk perawatan paling umum untuk kanker payudara adalah operasi. Pembedahan melibatkan pengangkatan tumor dan margin di dekatnya. Margin adalah jaringan sekitarnya yang mungkin bersifat kanker.

Tujuan dari operasi adalah untuk mengangkat tidak hanya tumor, tetapi juga cukup dari margin untuk dapat menguji penyebaran kanker. Setelah jaringan dihapus diperiksa, laporan pasca operasi Anda harus memberitahu Anda jika Anda memiliki “margin yang jelas,” (yang berarti jaringan terjauh dari payudara bebas dari sel kanker.)

Beberapa orang dengan kanker Tahap 2 atau Tahap 3 mungkin menerima kemoterapi pertama, yang dikenal sebagai kemoterapi “pra-operasi” atau “neoadjuvant” Tujuannya adalah mengecilkan tumor. Dengan membuatnya lebih kecil terlebih dahulu, Anda mungkin memiliki pilihan operasi pembedahan payudara atau lumpectomy daripada mastektomi

Bagaimana saya tahu operasi seperti apa yang tepat untuk saya ?

Baik dokter Anda atau ahli bedah kanker payudara (ahli bedah payudara yang mengkhususkan diri dalam operasi kanker payudara) akan menyarankan Anda mengenai opsi operasi untuk mempertimbangkan berdasarkan informasi spesifik tentang kanker payudara Anda.

Lumpektomi

Sebuah lumpectomy biasanya menghilangkan paling sedikit jaringan payudara. Dokter bedah mengangkat kanker dan sebagian kecil atau margin jaringan di sekitarnya, tetapi bukan payudara itu sendiri. Meskipun lumpectomy adalah operasi kanker payudara yang paling tidak invasif, ini masih bisa sangat efektif, dan operasi lebih lanjut mungkin tidak diperlukan.


Mastektomi

 

Pilihan operasi ini mengangkat seluruh payudara (atau sebanyak mungkin jaringan payudara). Dalam kebanyakan kasus, mastektomi skin-sparing adalah pilihan.

Di masa lalu, operasi kanker payudara sering diperlukan untuk mengangkat seluruh payudara, dinding dada, dan semua kelenjar getah bening aksila dalam prosedur yang disebut mastektomi radikal. Sementara mastektomi radikal kurang umum hari ini, ada contoh di mana operasi ini adalah pilihan terbaik untuk mengobati kanker.

Prosedur mastektomi yang lebih umum saat ini adalah :

  • Mastektomi parsial

Mastektomi parsial membutuhkan ahli bedah untuk mengangkat sebagian besar payudara daripada di lumpectomy – mungkin seluruh segmen atau kuadran jaringan – untuk menghilangkan kanker. Kadang-kadang, ahli bedah akan menghilangkan beberapa lapisan di atas otot dada juga.

  • Mastektomi Skin-Sparing

Prosedur ini membutuhkan pengangkatan payudara, puting, areola, dan kelenjar getah bening sentinel (atau nodus) tetapi bukan kulit payudara. Banyak wanita yang berniat melakukan rekonstruksi payudara akan memilih prosedur ini.

  • Mastektomi Sederhana (mastektomi total)

Operasi ini membutuhkan pengangkatan payudara, puting, areola, dan kelenjar getah bening. Ini meninggalkan dinding dada dan kelenjar getah bening yang jauh lebih utuh.

  • Mastektomi Radikal yang dimodifikasi

Prosedur ini membutuhkan pengangkatan seluruh payudara, puting, areola, dan kelenjar getah bening aksila tetapi sering membuat dinding dada tetap utuh.


2. Kemoterapi

Kemoterapi adalah metode pengobatan yang menggunakan kombinasi obat untuk menghancurkan sel kanker atau memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Siapa yang butuh kemoterapi kanker payudara ?

Kemoterapi ditawarkan kepada sebagian besar pasien berdasarkan beberapa faktor termasuk :

  • Jenis tumor
  • Tumor grade
  • Ukuran tumor
  • Jenis reseptor dan status
  • Jumlah kelenjar getah bening yang terlibat dan tingkat keterlibatan
  • Risiko kanker menyebar ke tempat lain di tubuh

Tim medis Anda akan bekerja untuk memilih campuran obat kemoterapi yang tepat untuk menekan setiap tahap pertumbuhan sel kanker.

Bagaimana kemoterapi kanker payudara diberikan ?

Kemoterapi umumnya diresepkan bersama dengan metode pengobatan lain seperti terapi hormonal dan ditargetkan. Ini juga dapat digunakan untuk mengecilkan tumor sebelum operasi untuk pengangkatan yang lebih mudah dan lebih aman.

Jika Anda menerima kemoterapi, dokter akan mengadministrasikannya dalam kursus singkat dengan beberapa minggu di antaranya untuk memungkinkan sel normal Anda pulih. Masa pengobatan ini dapat menjadi waktu yang menantang secara emosional dan fisik. Penting bagi Anda untuk mengembangkan tim dukungan keluarga atau teman yang dapat membantu menghibur dan mendorong Anda saat ini.

Apa efek samping dari kemoterapi ?

Meskipun kemoterapi membunuh sel-sel kanker yang tumbuh dengan cepat, obat-obatan itu juga sayangnya dapat merusak sel-sel normal yang membelah dengan cepat.

  • Kemoterapi dapat mempengaruhi sel-sel saraf
  • Anda mungkin memiliki pengurangan sel darah merah
  • Kemoterapi dapat mempengaruhi sel-sel yang menghasilkan rambut
  • Anda mungkin memiliki perubahan dari keseimbangan sel yang berbeda yang melapisi saluran usus Anda

3. Terapi radiasi

Terapi radiasi (juga disebut radioterapi) menggunakan sinar berenergi tinggi untuk membunuh sel kanker. Itu mempengaruhi sel hanya di bagian tubuh yang dirawat dengan radiasi. Terapi radiasi kanker payudara dapat digunakan untuk menghancurkan sel-sel yang bermutasi tersisa yang tersisa di daerah payudara atau ketiak setelah operasi.

Kebanyakan terapi radiasi diberikan oleh ahli onkologi radiasi di pusat radiasi dan biasanya dimulai tiga sampai empat minggu setelah operasi. Radiasi digunakan untuk menghancurkan sel kanker yang tidak terdeteksi dan mengurangi risiko kanker yang berulang di payudara .

Ada dua jenis terapi radiasi utama yang dapat dipertimbangkan, dan beberapa orang memiliki keduanya.

  • Radiasi Kanker Payudara Bearm Eksternal (Sinar pembunuh kanker tradisional yang dikirimkan oleh mesin besar)
  • Radiasi Kanker Payudara Internal (Pemulihan baru yang menyuntikkan perawatan pembunuh kanker radioaktif hanya di area yang terkena)

Perlu diingat bahwa jalannya perawatan yang Anda putuskan adalah sesuatu yang harus Anda diskusikan dengan ahli onkologi radiasi Anda untuk memastikan bahwa itu seefektif mungkin.

Radiasi Kanker Payudara Beam Eksternal

Radiasi berkas eksternal (juga dikenal sebagai terapi radiasi tradisional atau seluruh payudara) menggunakan radiasi sinar eksternal, seperti sinar x biasa, tetapi pancarannya sangat terfokus dan menargetkan area kanker selama dua hingga tiga menit.

Bentuk perawatan ini biasanya melibatkan beberapa janji di pusat radiasi rawat jalan sebanyak lima hari seminggu selama lima atau enam minggu. Situasi tertentu mungkin memerlukan dosis radiasi yang sedikit lebih tinggi selama perawatan yang lebih singkat, biasanya tiga hingga empat minggu (disebut radiasi yang dipercepat).

Radiasi kanker payudara eksternal digunakan untuk menjadi jenis yang paling umum digunakan untuk kanker payudara. Namun dalam beberapa tahun terakhir, uji klinis radiasi internal telah memungkinkan lebih banyak wanita untuk memilih metode ini jika kanker mereka diketahui cukup dini. Radiasi internal biasanya menawarkan lebih sedikit efek samping yang nyata.

Radiasi Kanker Payudara Internal

Radiasi internal adalah bentuk radiasi payudara parsial . Selama perawatan, dokter atau ahli bedah menyisipkan cairan radioaktif menggunakan jarum, kabel, atau kateter untuk menargetkan area di mana kanker awalnya mulai tumbuh dan jaringan yang paling dekat dengan situs tumor untuk membunuh sel-sel kanker yang mungkin tersisa.


4. Terapi hormon

Hormon seperti estrogen dan progesteron adalah bahan kimia yang diproduksi oleh kelenjar di dalam tubuh. Biasanya, hormon-hormon ini membantu mengatur siklus tubuh, seperti menstruasi. Namun, terkadang hormon yang sama ini dapat menyebabkan kanker tumbuh.

Ahli patologi akan melakukan tes pada sel kanker payudara untuk menentukan apakah mereka memiliki reseptor yang memakan estrogen atau progesteron, merangsang pertumbuhan mereka. Jika sel-sel kanker memiliki reseptor-reseptor ini, dokter Anda dapat merekomendasikan obat-obat terapi hormon, seperti blocker atau inhibitor. Kedua jenis obat membantu menghancurkan sel-sel kanker dengan memotong pasokan hormon mereka.

Apa yang dilakukan blocker hormon untuk menyingkirkan kanker payudara ?

Obat terapi hormon yang paling umum adalah Tamoxifen. Ini memblokir bukaan berbentuk estrogen dalam sel, mencegah kanker yang dipicu oleh estrogen dari tumbuh.

Apa itu penghambat hormon dan bagaimana cara kerjanya ?

Hormon inhibitor juga menargetkan sel kanker payudara dengan reseptor hormon, tetapi tidak seperti penghambat hormon, mereka bekerja dengan mengurangi produksi hormon tubuh. Ketika sel-sel kanker payudara terputus dari ‘pasokan makanan’ (dalam hal ini, estrogen), tumor mulai kelaparan dan mati.

Umumnya, manfaat menggunakan terapi hormon dan kemoterapi bersama-sama memiliki efek gabungan yang jauh lebih besar daripada menggunakan sendiri. Jika kanker payudara Anda positif untuk reseptor hormon, dokter Anda dapat merekomendasikan kedua terapi.


5. Terapi yang ditargetkan

Selain kemoterapi dan terapi hormon , ada perawatan yang lebih baru dan lebih efektif yang dapat menyerang sel kanker payudara tertentu tanpa merusak sel normal. Saat ini, metode yang ditargetkan ini umumnya digunakan dalam kombinasi dengan kemoterapi tradisional. Namun, obat yang ditargetkan sering memiliki efek samping yang lebih ringan daripada obat kemoterapi standar.

Bagaimana cara kerja terapi kanker payudara?

Terapi kanker payudara yang ditargetkan menggunakan obat-obatan yang menghalangi pertumbuhan sel-sel kanker payudara dengan cara-cara tertentu. Sebagai contoh, terapi yang ditargetkan dapat memblokir aksi protein abnormal (seperti HER2) yang menstimulasi pertumbuhan sel kanker payudara.

Misalnya, Trastuzumab (Herceptin®) atau lapatinib (TYKERB®) dapat diberikan kepada seorang wanita yang tes laboratoriumnya menunjukkan bahwa tumor payudaranya memiliki terlalu banyak HER2.


Sekian Dan Terimakasih

Selamat Membaca !!!

Posted By Jual Walatra Zedoril

Perawatan Terbaik Untuk Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *