Mengenal 5 Tahapan Kanker Payudara

Mengenal 5 Tahapan Kanker Payudara

Mengenal 5 Tahapan Kanker Payudara

Mengenal 5 Tahapan Kanker Payudara – Jika Anda telah didiagnosa menderita kanker payudara, Anda pasti ingin tahu tahap apa itu. Jawabannya akan membantu Anda dan dokter mengetahui lebih banyak tentang apa yang ada di depan dan memutuskan perawatan Anda.

Dokter memiliki banyak cara untuk mengetahui stadium kanker payudara yang Anda miliki. Petunjuk datang dari pemeriksaan fisik, biopsi, sinar-X, pemindaian tulang dan dan tes darah.

Seorang dokter yang disebut ahli patologi menempatkan sampel jaringan dari payudara dan kelenjar getah bening di bawah mikroskop untuk mengetahui lebih banyak lagi.

Berdasarkan temuan ini, dokter merangkai huruf dan angka untuk menetapkan tahap untuk setiap kasus kanker payudara. Ini mungkin tampak seperti kode yang aneh, tetapi itu benar-benar hanya cara untuk menunjukkan dengan tepat apa yang terjadi dengan kanker Anda.

Berikut Ini 5 Tahapan Kanker Payudara

1. Kanker payudara stadium 0

Stadium 0 juga disebut dengan pra-kanker, ini adalah tahap awal kanker payudara. Kanker stadium 0 yang paling umum adalah karsinoma duktal in situ atau DCIS, yang berarti pertumbuhan sel abnormal dimulai di saluran susu payudara.

Stadium 0 kanker payudara tidak invasif, artinya belum menyebar ke jaringan lain di payudara. Itu bisa menjadi kanker invasif di masa depan. Stadium 0 kanker juga belum menyebar ke kelenjar getah bening atau bagian lain dari tubuh.

Kanker ini biasanya diobati dengan pembedahan saja atau dengan radiasi. Kemoterapi biasanya tidak diperlukan.

Orang-orang dengan DCIS yang dipicu oleh estrogen atau progesteron dapat menerima terapi hormon setelah operasi untuk menurunkan risiko mengembangkan kanker payudara invasif di masa depan.

2. Kanker payudara stadium 1

Kanker payudara stadium 1 bersifat invasif, artinya sudah mulai menyebar ke jaringan payudara yang sehat. Pada tahap 1A, tumor lebih kecil dari 2 sentimeter. Ini belum menyebar di luar payudara, dan tidak ada kelenjar getah bening yang terlibat.

Pada tahap 1B, tidak ada tumor, atau tumor kurang dari 2 sentimeter, dan kelompok kecil sel kanker payudara ditemukan di kelenjar getah bening.

Pada tahap ini, perawatan biasanya melibatkan lumpektomi yang dikonservasi oleh payudara, diikuti oleh radiasi. Kemoterapi mungkin disarankan untuk tumor stadium 1 yang lebih besar dari 1 sentimeter. Biopsi umumnya dilakukan untuk mencari kanker di kelenjar getah bening di dekatnya.

3. Kanker payudara stadium 2

Pada tahap 2, kanker payudara berkembang tetapi masih dalam tahap awal. Tahap ini memiliki dua kategori. Pada tahap 2A, mungkin ada salah satu dari yang berikut :

  • Tidak ada tumor dan kurang dari empat kelenjar getah bening dengan kanker di bawah lengan
  • Tumor kecil tidak lebih dari 2 cm, atau sekitar 3/4 inci, dengan kanker di kurang dari empat kelenjar getah bening ketiak
  • Tumor berukuran 2 sampai 5 cm tetapi tidak melibatkan kelenjar getah bening

Kanker payudara stadium 2B dapat melibatkan :

  • Tumor 2 sampai 5 sentimeter dan kelompok kecil sel kanker payudara di kelenjar getah bening
  • Tumor antara 2 dan 5 cm dan kanker dikurang dari empat kelenjar getah bening di bawah lengan
  • Tumor lebih besar dari 5 sentimeter dan tidak ada keterlibatan kelenjar getah bening

Meskipun kanker payudara stadium 2 lebih besar dari tumor stadium 1 dan mungkin melibatkan kelenjar getah bening, mereka masih bisa diobati.

Pilihan termasuk mastektomi atau lumpectomy (kadang-kadang disebut mastektomi parsial), ditambah radiasi dan kemo. Perawatan hormonal dan terapi kanker yang ditargetkan dapat diberikan jika berlaku. Kelenjar getah bening kemungkinan akan dibiopsi atau dihilangkan.

4. Kanker payudara stadium 3

Kanker payudara stadium 3 adalah kanker stadium lanjut. Ini telah menyebar ke kelenjar getah bening tetapi tidak ke organ lain. Tahap ini dibagi menjadi tiga kategori 3A, 3B, dan 3C berdasarkan ukuran tumor dan keterlibatan kelenjar getah bening.

Salah satu dari yang berikut ini dapat memenuhi syarat sebagai kanker stadium 3A, menurut National Cancer Institute :

Entah tidak ada tumor dengan ukuran apa pun dan kanker di empat sampai sembilan kelenjar getah bening di dekatnya. Tumor yang lebih besar dari 5 cm (sekitar 2 inci) dan kelompok kecil sel kanker payudara di kelenjar getah bening.

Kanker stadium 3B bisa berukuran apa saja. Kanker ada di dinding dada atau kulit payudara yang bisa menyebabkan pembengkakan. Ini telah menyebar hingga sembilan kelenjar getah bening di dekatnya.

Pada tahap 3C, mungkin ada tumor dengan ukuran apa saja, atau tanpa tumor, dan kanker di 10 atau lebih di kelenjar getah bening di bawah lengan, Kanker di kelenjar getah bening di dekat tulang selangka, Kanker di kelenjar getah bening di bawah lengan dan dekat tulang dada

Perawatan tahap 3 sangat bervariasi. Beberapa orang memerlukan operasi baik penghapusan seluruh payudara, yang disebut mastektomi, atau operasi konservasi payudara yang disebut lumpektomi dan radiasi, ditambah kemoterapi dan penghapusan kelenjar getah bening. Pasien mungkin memiliki terapi hormon atau terapi kanker yang ditargetkan.

Pasien lain dapat menjalani kemoterapi terlebih dahulu untuk mengecilkan tumor, diikuti dengan mastektomi dan radiasi. Terapi hormon dan terapi kanker yang ditargetkan dapat digunakan bila diperlukan.

Orang dengan kanker payudara stadium 3 biasanya akan menjalani operasi untuk mengangkat setidaknya beberapa kelenjar getah bening di bawah lengan dan mungkin memiliki radiasi untuk mengobati kelenjar getah bening di dekat tulang selangka dan tulang dada.

5. Kanker payudara stadium 4

Pada tahap 4 kanker payudara telah menyebar atau bermetastasis ke tempat yang jauh di tubuh seperti tulang, hati, otak atau paru-paru. Ini disebut kanker payudara metastatik.

Meskipun stadium 4 kanker payudara dianggap tidak dapat disembuhkan, pengobatan baru memungkinkan pasien untuk hidup lebih lama dengan penyakit stadium lanjut.

Pengobatan utama untuk kanker payudara stadium 4 adalah kemoterapi biasanya dianjurkan. Wanita yang kanker payudaranya adalah reseptor hormon-positif, yang berarti mereka dipicu oleh hormon wanita, dapat mengambil terapi hormon seperti Tamoxifen atau inhibitor aromatase untuk mencegah kanker mereka dari terus tumbuh.

Obat-obatan yang menargetkan karakteristik spesifik sel kanker yang disebut terapi bertarget, dapat memblokir efek enzim atau protein yang mendorong pertumbuhan sel kanker. Lebih jarang operasi dan radiasi digunakan untuk meringankan gejala seperti jika tumor kanker payudara menyebabkan rasa sakit.

FOTO-FOTO TUBUH YANG TERSERANG PENYAKIT KANKER PAYUDARA

Sekian dan Terimakasih 🙂

Posted By Jual Walatra Zedoril 7

Mengenal 5 Tahapan Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *