Memahami Definisi Kanker Payudara Menurut Para Ahli

Memahami Definisi Kanker Payudara Menurut Para Ahli

Memahami Definisi Kanker Payudara Menurut Para Ahli

Selamat Membaca !!!

 

Memahami Definisi Kanker Payudara Menurut Para Ahli – Kanker adalah istilah luas untuk kelas penyakit yang ditandai oleh sel-sel abnormal yang tumbuh dan menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Kanker payudara dimulai di sel-sel payudara sebagai sekelompok sel kanker yang kemudian dapat menyerang jaringan di sekitarnya atau menyebar (bermetastasis) ke area tubuh yang lain.

Apa itu kanker payudara ?

Kanker payudara adalah penyakit di mana sel-sel ganas (kanker) terbentuk di jaringan payudara.


Penyebab Kanker Payudara: Bagaimana ini bisa terjadi ?

Ketika Anda diberitahu bahwa Anda mengidap kanker payudara, wajar untuk bertanya-tanya apa yang mungkin menyebabkan penyakit itu. Tetapi tidak ada yang tahu penyebab pasti kanker payudara.

Dokter jarang tahu mengapa seorang wanita mengidap kanker payudara dan yang lainnya tidak, dan kebanyakan wanita yang menderita kanker payudara tidak akan pernah dapat menemukan penyebab pasti. Apa yang kita ketahui adalah bahwa kanker payudara selalu disebabkan oleh kerusakan pada DNA sel.


Infografik : Kanker Payudara di Indonesia

Pada tahun 2013, menurut data Departemen Kesehatan, dari seluruh diagnosis kanker setiap tahunnya, lebih dari 43%-nya pada wanita adalah kanker payudara.

Kanker payudara di Indonesia juga merupakan salah satu penyumbang kematian terbanyak, berhubung lebih dari 12% wanita yang menderita kanker payudara berakhir dengan kematian.

sebanyak 30% kanker payudara baru dideteksi setelah kondisinya sudah metastasis alias menyebar ke bagian tubuh lainnya, sehingga sulit disembuhkan. 30% lainnya terdeteksi saat kanker sudah memasuki stadium lanjut.

Hanya 40% di antaranya yang sudah didiagnosis saat masih dalam tahap awal sehingga masih besar kemungkinan untuk sembuh.


Menurut Organisasi Kesehatan Dunia , kanker payudara adalah kanker paling umum di kalangan wanita di seluruh dunia, mengklaim kehidupan ratusan ribu wanita setiap tahun dan mempengaruhi negara di semua tingkat modernisasi.

Kabar Baik Tentang Tren Kanker Payudara

Dalam beberapa tahun terakhir, mungkin bersamaan dengan penurunan terapi penggantian hormon preskriptif setelah menopause, kita telah melihat penurunan bertahap angka kejadian kanker payudara pada wanita berusia 50 dan lebih tua.

Angka kematian akibat kanker payudara telah menurun sejak sekitar tahun 1990, sebagian karena skrining yang lebih baik dan deteksi dini , peningkatan kesadaran, dan terus meningkatkan pilihan pengobatan .


Kanker Payudara Pria

Semua orang, apakah pria atau wanita, dilahirkan dengan beberapa sel dan jaringan payudara. Meskipun laki-laki tidak mengembangkan payudara penghasil ASI, sel dan jaringan payudara laki-laki masih dapat mengembangkan kanker.

Meski begitu, kanker payudara laki-laki sangat jarang. Kurang dari satu persen dari semua kasus kanker payudara berkembang pada pria, dan hanya satu dari seribu pria yang akan didiagnosis menderita kanker payudara.

Kanker payudara pada pria biasanya terdeteksi sebagai benjolan keras di bawah puting dan areola. Pria membawa mortalitas lebih tinggi daripada wanita, terutama karena kesadaran di antara pria lebih sedikit dan mereka cenderung menganggap benjolan adalah kanker payudara, yang dapat menyebabkan keterlambatan dalam mencari pengobatan .

Di antara pria yang mengidap kanker payudara, sebagian besar dari kasus-kasus tersebut adalah Infiltrating Ductal Carcinoma (IDC), yang berarti sel-sel di dalam atau di sekitar saluran mulai menyerang jaringan di sekitarnya.


Sekian Dan Terimakasih

Posted By Jualwalatrazedoril7

Memahami Definisi Kanker Payudara Menurut Para Ahli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *