Kanker Darah: Penyebab, Gejala, Pencegahan Dan Pengobatan

Kanker Darah: Penyebab, Gejala, Pencegahan Dan Pengobatan

Kanker Darah: Penyebab, Gejala, Pencegahan Dan Pengobatan

A. Memahami Kanker Darah

Kanker darah atau dikenal juga sebagai leukemia adalah kanker yang menyerang sel-sel darah pembentuk jaringan, termasuk sumsum tulang dan kelenjar getah bening. Leukemia biasanya melibatkan sel darah putih.

Kanker Darah

Secara umum, sel darah putih berperan dalam daya tahan tubuh. Pada orang normal, sel darah putih dihasilkan oleh sumsum tulang dan meregenerasi kehidupan sel sesuai dengannya. Namun, dalam darah pasien kanker, sumsum tulang menghasilkan sel darah putih dalam jumlah abnormal tertentu, yang mengarah ke peningkatan kadar sel darah putih.

Hingga kini, tidak pasti langkah apa yang bisa Anda ambil untuk mencegah kanker darah. Seseorang yang merasa memiliki tanda dan gejala leukemia disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter

Ada beberapa jenis kanker darah. Berdasarkan penyakit perjalanan, leukemia dibagi menjadi akut dan kronis. Kanker darah akut dapat terjadi secara tiba-tiba dan cepat. Sementara itu, kanker darah kronis terjadi secara perlahan dan gejala awal yang timbul tampak ringan. Sumber : In Article 

Ada tiga jenis utama kanker darah :

  • Leukemia

Sejenis kanker yang ditemukan dalam darah dan sumsum tulang Anda, disebabkan oleh produksi sel darah putih abnormal yang cepat. Jumlah sel darah putih abnormal yang tinggi tidak mampu melawan infeksi, dan mereka merusak kemampuan sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah dan trombosit.

  • Limfoma

Limfoma adalah jenis kanker darah yang mempengaruhi sistem limfatik, yang menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh Anda dan menghasilkan sel-sel kekebalan.

Limfosit adalah sejenis sel darah putih yang melawan infeksi. Limfosit abnormal menjadi sel limfoma, yang berkembang biak dan berkumpul di kelenjar getah bening dan jaringan lain. Seiring waktu, sel-sel kanker ini merusak sistem kekebalan Anda.

  • Myeloma

Myeloma adalah kanker sel plasma. Sel plasma adalah sel darah putih yang menghasilkan antibodi yang melawan penyakit dan infeksi di dalam tubuh Anda. Sel-sel myeloma mencegah produksi normal antibodi, meninggalkan sistem kekebalan tubuh Anda melemah dan rentan terhadap infeksi.

B. Apa Penyebab Kanker Darah?

Ini adalah pertanyaan yang telah menjadi perhatian para peneliti selama beberapa dekade. Beberapa faktor risiko, seperti infeksi, telah dikaitkan dengan kanker darah.

Mungkin asosiasi yang paling mapan adalah bahwa antara virus Epstein-Barr dan limfoma Hodgkin, tetapi infeksi bakteri juga diketahui menyebabkan limfoma perut dan hepatitis C telah dikaitkan dengan kasus lain limfoma non-Hodgkin.

Eksposur kerja untuk pestisida dan bahan kimia juga telah terhubung dengan peningkatan leukemia, limfoma non-Hodgkin dan myeloma. Namun, dalam setiap kasus, peningkatan risiko sangat kecil dan jumlah kasus yang dapat diatribusikan sangat kecil.

C. Gejala Kanker Darah

Gejala yang terjadi pada kanker darah dapat bervariasi, tergantung pada jenis leukemia. Beberapa tanda dan gejala yang sering ditemukan pada penderita kanker darah adalah :

  • Berkeringat Berlebihan, terutama pada malam hari
  • Taste lemah atau kelelahan berlebihan
  • Mudah pendarahan atau hematoma
  • Pembesaran kelenjar getah bening
  • Bintik-bintik merah pada kulit
  • Pembesaran hati atau limpa
  • Demam atau kedinginan
  • Riwayat sering mimisan
  • Nyeri Tulang
  • Berat badan

D. Pencegahan Kanker Darah

Bahkan setelah banyak ilmuwan penelitian tidak dapat menemukan cara untuk mencegah sebagian besar jenis kanker darah . Tidak ada faktor risiko absolut yang diidentifikasi untuk kanker ini tetapi kuncinya adalah mengurangi yang diketahui.

Juga melakukan beberapa hal sederhana ini akan meningkatkan kekebalan Anda dan dapat mengurangi risiko sampai batas tertentu.

  • Hindari Paparan Radiasi

Jika memungkinkan hindari paparan radiasi dosis tinggi karena selama prosedur perawatan tertentu pasien sering terkena radiasi intensitas tinggi yang meningkatkan kemungkinan mereka mengalah pada kanker darah.

  • Hindari Paparan Bahan Kimia

Hindari paparan bahan kimia berbahaya tertentu seperti pestisida, karena hal ini dapat meningkatkan risiko kanker darah. Anda harus mengambil langkah-langkah keamanan yang tepat. Paparan benzena juga dapat meningkatkan kemungkinan kanker ini.

  • Hindari Merokok atau Tembakau dalam Segala Bentuk

Konsumsi rokok atau tembakau adalah faktor risiko besar untuk tidak hanya kanker tetapi beberapa penyakit lain dan harus benar-benar dihindari.

E. Pengobatan Kanker Darah

Pengobatan kanker darah tergantung pada berbagai faktor, termasuk usia, jenis leukemia, dan penyebaran yang sudah terjadi. Beberapa penanganan leukemia umum yang diberikan oleh dokter termasuk :

1. Kemoterapi

4. Terapi Target

2. Terapi radiasi

3. Terapi Biologis

5. Transplantasi sel induk

Sekian Dan Terimakasih

Baca Juga : Gejala Kanker Rahim

Posted By Jual Walatra Zedoril 7

Kanker Darah: Penyebab, Gejala, Pencegahan Dan Pengobatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *