Berikut Ini Gejala Kanker Serviks Yang Perlu Diketahui

Berikut Ini Gejala Kanker Serviks Yang Perlu Diketahui

Berikut Ini Gejala Kanker Serviks Yang Perlu Diketahui

Gejala Kanker Serviks –¬†Servik adalah area tubuh wanita di antara vagina dan rahimnya. Ketika sel-sel di leher rahim menjadi abnormal dan berkembang biak dengan cepat, kanker serviks dapat berkembang. Kanker serviks dapat mengancam jiwa jika tidak terdeteksi atau tidak diobati.

Jenis virus tertentu yang disebut human papilloma virus (HPV) menyebabkan hampir semua kasus kanker serviks. Dokter Anda dapat menyaring virus ini dan sel-sel prakanker, dan mereka dapat menyarankan perawatan yang dapat mencegah kanker terjadi. Sumber : healthline

Gejala Kanker Serviks

Gejala Kanker Serviks

Wanita dengan kanker serviks awal dan pra-kanker biasanya tidak memiliki gejala. Gejala sering tidak dimulai sampai kanker menjadi invasif dan tumbuh menjadi jaringan di dekatnya. Ketika ini terjadi, gejala yang paling umum adalah :

  • pendarahan abnormal, bercak, atau keluarnya cairan
  • periode yang lebih berat dari biasanya
  • pendarahan setelah berhubungan seks

Tanda-tanda kanker serviks lanjut mungkin termasuk nyeri panggul, masalah kencing, dan kaki bengkak. Jika kanker telah menyebar ke organ terdekat Anda, itu dapat mempengaruhi cara kerja organ-organ itu juga.

Misalnya, tumor mungkin menekan kandung kemih Anda dan membuatnya merasa seperti Anda harus buang air kecil lebih sering.

Diagnosa

Beberapa tes yang berbeda digunakan untuk mendiagnosis kanker serviks. Langkah pertama adalah pemeriksaan panggul, yang dapat dilakukan oleh dokter umum atau ginekolog.

Setelah hasil dari tes ini tersedia, tes lain yang dilakukan oleh dokter kandungan mungkin termasuk kolposkopi (dengan atau tanpa biopsi) atau biopsi kerucut.

  • Pemeriksaan panggul

Pemeriksaan ini umumnya melibatkan dokter yang melakukan pemeriksaan visual yang mencakup pengambilan smear serviks dan pemeriksaan bimanual.

Untuk apusan serviks, spekulum (alat untuk memisahkan dinding vagina) dimasukkan dengan lembut ke dalam vagina dan dokter secara visual memeriksa serviks.

Spatula kecil atau alat seperti sikat kemudian digunakan untuk mengikis lembut beberapa sel dari permukaan serviks. Sel-sel ini ditempatkan pada slide kaca dan dikirim ke laboratorium untuk pengujian.

Ujian bimanual melibatkan dokter memasukkan dua jari ke dalam vagina dan dengan tangan lain di perut bagian bawah mencoba untuk mendapatkan apresiasi ukuran dan bentuk ovarium dan rahim, dan semua kelainan.

  • Kolposkopi

Kolposkopi adalah prosedur yang memungkinkan spesialis untuk memeriksa serviks dengan bantuan alat khusus yang disebut colposcope. Sebuah kolposkop terlihat mirip dengan sepasang teropong pada dudukan dan memperbesar permukaan serviks.

Prosedurnya mirip dengan smear serviks karena spekulum digunakan untuk menahan dinding vagina. Dokter spesialis mengaplikasikan larutan seperti cuka pada serviks, yang mengubah semua area kulit putih yang abnormal.

Jika dokter mengamati area jaringan yang mencurigakan selama prosedur ini, biopsi jaringan serviks dilakukan pada saat yang sama dengan kolposkopi. Ini melibatkan penghilangan sepotong kecil jaringan (seukuran kepala korek) dari serviks, yang dikirim ke laboratorium untuk analisis. Hasil biopsi akan memakan waktu beberapa hari untuk tersedia.

  • Biopsi kerucut

Jika biopsi serviks menunjukkan sel abnormal pada permukaan serviks, biopsi kerucut mungkin direkomendasikan. Ini melibatkan pengangkatan potongan jaringan berbentuk kerucut dari leher rahim saat berada di bawah anestesi lokal atau umum.

Jaringan yang dilepaskan akan dikirim ke laboratorium untuk analisis dan untuk menentukan apakah semua jaringan abnormal telah dihapus. Hasilnya akan memakan waktu sekitar satu minggu untuk tersedia.

Jika diagnosis kanker serviks dilakukan, tes lain akan dilakukan untuk menentukan apakah kanker telah menyebar. Tes-tes ini mungkin termasuk:

  • Pemindai tulang
  • Pemindai suara ultra
  • CT (computed tomography) scan
  • MRI (magnetic resonance imaging) scan
  • PET (positron emission tomography) scan
  • Pemeriksaan kandung kemih dan usus di bawah anestesi (cystoscopy dan proctosigmoidoscopy) .

Sekian Dan Terimakasih

Baca Juga : Pengertian Kanker Serviks

Posted By Jual Walatra Zedoril

Berikut Ini Gejala Kanker Serviks Yang Perlu Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *