Beginilah Operasi Kanker Payudara Yang Perlu Anda Ketahui

Beginilah Operasi Kanker Payudara Yang Perlu Anda Ketahui

Beginilah Operasi Kanker Payudara Yang Perlu Anda Ketahui

Beginilah Operasi Kanker Payudara Yang Perlu Anda Ketahui – Sebagai anggota kunci tim kanker multidisiplin Beaumont, ahli bedah bekerja sama dengan spesialis lain untuk merencanakan dan memberikan strategi perawatan yang paling efektif untuk setiap pasien.

Pasien dengan kanker payudara tahap awal dapat memperoleh manfaat dari terapi konservasi payudara (BCT), teknik yang menggabungkan operasi dengan perawatan lain dan menghindari mastektomi.

Ahli bedah dan ahli onkologi radiasi dapat mendiskusikan pilihan perawatan yang paling tepat, berdasarkan pada keadaan individu.

Pembedahan untuk mengangkat sebanyak mungkin kanker adalah perawatan utama untuk kanker payudara. Saat ini, wanita memiliki banyak pilihan dan pilihan bedah. Jenis operasi yang dilakukan tergantung pada :

  • Ukuran dan lokasi benjolan atau tumor payudara
  • Jenis dan tahap kanker payudara
  • Ukuran payudara
  • Preferensi wanita

Ada beberapa jenis operasi payudara. Dokter Anda dapat menjelaskan manfaat dan risiko dari masing-masing jenis, selain menjawab pertanyaan atau kekhawatiran apa pun yang mungkin Anda miliki sebelum operasi.

Apa saja jenis operasi kanker payudara ?

Dokter bedah onkologi Anda akan merekomendasikan pilihan berdasarkan kanker Anda, anatomi Anda dan faktor lainnya. Penting untuk dicatat bahwa operasi kanker payudara biasanya dikombinasikan dengan perawatan lain.

Anda mungkin memiliki kemoterapi untuk mengecilkan tumor sebelum operasi, misalnya, atau Anda mungkin dapat memilih operasi yang lebih kecil jika dipasangkan dengan terapi radiasi.

1. Lumpektomi

Dokter bedah mengangkat tumor dan beberapa jaringan di sekitarnya. Kadang-kadang kelenjar getah bening juga dihapus. Jumlah jaringan yang diangkat dapat bervariasi secara signifikan, tergantung pada ukuran dan lokasi tumor dan faktor lainnya.

Operasi ini juga disebut operasi konservasi payudara atau operasi pembedahan payudara. Ini juga merupakan bentuk mastektomi parsial karena hanya sebagian dari payudara diangkat, meskipun mastektomi parsial umumnya menghilangkan lebih banyak jaringan daripada lumpektomi.


2. Mastektomi

Dokter bedah mengangkat semua jaringan payudara. Sebagian besar pasien memenuhi syarat untuk menjalani rekonstruksi sebagai bagian dari operasi yang sama, dengan onkologis bedah dan prosedur perencanaan bedah plastik bersama.

  • Mastektomi sederhana atau total => Seluruh payudara, termasuk puting, areola dan sebagian besar kulit, dihilangkan.
  • Mastektomi radikal yang dimodifikasi => kelenjar getah bening diangkat bersama dengan payudara.
  • Mastektomi radikal => kelenjar getah bening dan otot di bawah payudara diangkat bersama dengan payudara. Operasi ini dilakukan hanya jika kanker telah menyebar ke otot-otot.
  • Mastektomi prophylactic (preventif) => Satu atau kedua payudara diangkat sebagai tindakan pencegahan untuk wanita yang berisiko tinggi terkena kanker payudara.

3. Mastektomi nipple dan skin-sparing

Beberapa pasien yang menginginkan rekonstruksi payudara dapat menjadi kandidat untuk mastektomi nipple dan skin-sparing. Dokter bedah dapat mengangkat jaringan payudara melalui sayatan di sekitar aerola (kulit yang lebih gelap di sekitar puting).


Sekian Dan Terimakasih Semoga Bermanfaat Untuk Anda Semua 🙂

Posted By Jual Walatra Zedoril

Beginilah Operasi Kanker Payudara Yang Perlu Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *