5 Penyebab Kanker Paru Paru Pada Non-Perokok

5 Penyebab Kanker Paru Paru Pada Non-Perokok

5 Penyebab Kanker Paru Paru Pada Non-Perokok

Penyebab Kanker Paru Paru –¬†Sebagian besar kasus kanker paru-paru disebabkan oleh merokok, meskipun orang yang tidak pernah merokok juga dapat mengembangkan kondisi tersebut. Bukan hanya perokok yang berisiko terkena kanker paru paru, sekitar 20% tumor paru berkembang pada bukan perokok.

Kata Vincent Lam, MD, seorang spesialis kanker paru di Pusat Kanker MD Anderson University di Texas di Houston. Orang dengan kanker paru-paru yang tidak pernah merokok cenderung lebih muda dari perokok (mantan perokok) yang terkena penyakit ini. Sumber : Health

Para peneliti masih menguji semua faktor yang berbeda yang dapat berkontribusi pada kanker paru-paru pada orang yang belum pernah merokok. Beberapa kasus mungkin tidak pernah dijelaskan, tetapi inilah yang diketahui sejauh ini.

Berikut Ini Ada 5 Penyebab Kanker Paru Paru Pada Non-Perokok Diantaranya :

1. Asap rokok

Penyebab Kanker Paru Paru

Sekitar 15% hingga 35% kanker paru pada non-perokok mungkin disebabkan oleh asap rokok orang lain, juga disebut sebagai asap pasif. Ada dua tipe yang berbeda.

Yang pertama asap sidestream yaitu ketika seorang perokok yang tidak merokok menghirup asap dari ujung rokok asap ini lebih beracun dari keduanya. Asap arus utama adalah ketika non-perokok menghirup asap yang dihembuskan dari perokok.

Non-perokok yang tinggal dengan perokok memiliki peningkatan 24% dalam risiko untuk mengembangkan kanker paru-paru bila dibandingkan dengan non-perokok lainnya. Setiap tahun, hingga 3.000 kematian akibat kanker paru-paru diperkirakan terjadi di AS yang disebabkan oleh perokok pasif .

2. Polusi udara

Penyebab Kanker Paru Paru

Polusi udara dari kendaraan, industri, dan pembangkit listrik, dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan kanker paru pada individu yang terpapar.

Diperkirakan bahwa hingga 2.000 kematian akibat kanker paru-paru per tahun mungkin disebabkan oleh pernapasan udara yang tercemar, dan banyak ahli percaya bahwa paparan yang terlalu lama terhadap udara yang sangat tercemar dapat membawa risiko bagi perkembangan kanker paru-paru yang mirip dengan merokok pasif.

3. Asbestos

Penyebab Kanker Paru Paru

Asbestos adalah senyawa yang banyak digunakan di masa lalu sebagai bahan isolasi termal dan akustik. Serat mikroskopis dari asbes terlepas dari bahan isolasi dan dilepaskan ke udara di mana mereka dapat dihirup ke paru – paru .

Serat asbestos dapat bertahan seumur hidup di jaringan paru setelah terpapar asbes. Kedua kanker paru-paru dan sejenis kanker yang dikenal sebagai mesothelioma terkait dengan paparan asbes.

Merokok sigaret secara drastis meningkatkan kemungkinan mengembangkan kanker paru-paru yang berhubungan dengan asbes di antara para pekerja yang terpapar asbes.

Namun demikian, pekerja asbes yang tidak merokok memiliki risiko lima kali lipat lebih besar terkena kanker paru-paru dibandingkan non-perokok lainnya.

4. Gas Radon

Penyebab Kanker Paru Paru

Gas yang terjadi secara alami yang terbentuk ketika uranium meluruh, adalah penyebab lain kanker paru-paru. Diperkirakan 12% dari total kematian kanker paru baik pada perokok dan bukan perokok, atau 15.000 hingga 22.000 kematian terkait kanker paru setiap tahun di AS, diyakini setidaknya sebagian terkait dengan paparan gas radon .

Mereka yang merokok dan terpapar radon memiliki risiko lebih besar terkena kanker paru-paru daripada non-perokok yang terkena gas radon. Radon gas dapat melakukan perjalanan melalui tanah dan memasuki rumah melalui celah di yayasan, pipa, saluran air, atau bukaan lainnya.

Badan Perlindungan Lingkungan AS memperkirakan bahwa satu dari setiap 15 rumah di AS mengandung tingkat gas radon yang berbahaya. Gas radon tidak terlihat dan tidak berbau tetapi dapat dideteksi dengan alat tes sederhana.

5. Keturunan

karena semua perokok pada akhirnya tidak mengembangkan kanker paru-paru, kemungkinan bahwa faktor-faktor lain seperti kerentanan genetik individu, mungkin memainkan peran dalam penyebab kanker paru-paru.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kanker paru-paru lebih mungkin terjadi pada saudara-saudara yang merokok dan tidak merokok dari mereka yang pernah menderita kanker paru-paru daripada di populasi umum.

Sekian dan terimakasih atas kesediaannya mengunjungi situs kami di jualwalatrazedoril7.com, semoga dengan adanya penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk anda semua dan jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya hanya di situs jualwalatrazedoril7.com.

Sekian Dan Terimakasih

Posted By Jual Walatra Zedoril 7

5 Penyebab Kanker Paru Paru Pada Non-Perokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *