19 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Secara Alami Dan Cepat

19 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Secara Alami Dan Cepat

19 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Secara Alami Dan Cepat

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh – Apakah Anda mencari cara efektif untuk meningkatkan metabolisme Anda secara alami? Metabolisme Anda ditentukan karena beberapa faktor, seperti jenis kelamin, gen, usia, tingkat hormon, tingkat aktivitas, dan ukuran dan komposisi tubuh.

Metabolisme yang rendah atau lambat mungkin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap berat badan, tingkat energi, dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Memiliki metabolisme yang tinggi, di sisi lain, dapat memberi Anda energi sekaligus membuat Anda merasa lebih baik.

Anda dapat membuat beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup kecil untuk meningkatkan metabolisme jika tingkatnya rendah. Kami di sini untuk berbagi dengan Anda cara terbaik tentang cara meningkatkan metabolisme Anda dengan cepat secara alami. Terus membaca untuk tahu lebih banyak!

Apa itu Metabolisme ?

Metabolisme menggambarkan prosedur memecah lemak, karbohidrat, dan protein untuk menghasilkan energi dalam tubuh Anda. Metabolisme membentuk seluruh rentang proses biologis yang terjadi secara internal. Tingkat metabolisme bergantung pada interaksi antara jumlah kalori yang Anda bakar dengan berolahraga dan jumlah kalori yang Anda makan. Metabolisme mencakup dua kategori:

  • Katabolisme: Ini adalah set jalur metabolik yang bertanggung jawab untuk memecah molekul yang lebih besar menjadi unit yang lebih kecil.
  • Anabolisme: Ini juga disebut biosintesis yang membantu tubuh Anda dalam menumbuhkan sel-sel baru dan mempertahankan jaringan.

Makanan Terbaik Dan Terburuk Untuk Metabolisme Anda

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

A. Makanan Terbaik

Berikut adalah makanan super atas untuk meningkatkan metabolisme Anda :

  • Brokoli

BrokoliDibanjiri dengan vitamin C dan kalsium, semuanya bekerja sama untuk membantu Anda membakar kalori lebih efektif dan lebih cepat. Vitamin C membantu Anda dalam menyerap lebih banyak kalsium sementara kalsium membantu untuk mengaktifkan metabolisme Anda.

  • Cabe rawit

Cabe rawit ini terkenal karena capsaicin, yang memiliki efek positif pada tingkat metabolisme tubuh Anda. Capsaicin memiliki kemampuan thermogenik yang membantu sel dalam mengubah energi menjadi panas.

  • Grapefruits

Grapefruits dapat membantu meningkatkan fungsi sistem metabolisme berkat vitamin C. Vitamin C juga membantu mengatur metabolisme lemak dan membakar lemak. Juga, buah ini memiliki naringenin, flavonoid, yang memiliki kualitas antioksidan yang sangat baik yang dibutuhkan untuk metabolisme.

  • Apel

Apel ideal untuk orang yang ingin meningkatkan metabolisme karena kaya serat larut dan rendah kalori. Juga, kandungan seratnya sangat membantu untuk meningkatkan pencernaan dan pergerakan usus.

  • Kayu manis

Kayu manis adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan mempercepat metabolisme karena rendah kalori. Selain itu, itu penuh dengan phytochemical dan antioksidan, yang dapat meningkatkan metabolisme Anda.

Baca Juga : Pengobatan Rumah Untuk flu

B. Makanan Terburuk Untuk Metabolisme Anda

Jika Anda berencana untuk meningkatkan metabolisme Anda, hindari makanan berikut :

  • Minuman Ringan

Minuman ringan dapat mempengaruhi tingkat metabolisme Anda karena mengandung gula & konten berkarbonasi.

  • Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat berbahaya bagi kesehatan fisiologis dan psikologis Anda, karena dapat menyebabkan kerusakan organ dan kecanduan. Selain itu, ia memiliki racun yang memperlambat laju metabolisme Anda dan mencegah penurunan berat badan juga.

  • Makanan Manis

Makan banyak coklat, milkshake, permen, dll, dapat memperlambat metabolisme Anda karena makanan ini tinggi gula. Kandungan gula yang tinggi dalam darah Anda dapat mencegah penurunan berat badan dan menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya.

  • Gandum

Makan berlebihan makanan berbasis gandum dapat mengurangi metabolisme dan memicu penurunan berat badan karena gandum terdiri dari gluten, salah satu komponen terkemuka yang bertanggung jawab untuk menurunkan metabolisme dan menyebabkan penyakit lainnya.

  • Makanan Rendah Protein

Seperti yang Anda ketahui, protein adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama jika Anda mencoba untuk mengurangi berat badan, karena protein dapat meningkatkan metabolisme dan nada otot. Karena itu, jika Anda tidak mengonsumsi cukup telur, daging tanpa lemak, susu, dll., Itu juga dapat menurunkan metabolisme Anda.

Berikut Ini Cara Meningkatkan Metabolisme Anda Secara Alami Dan Cepat

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Apakah Anda ingin mengetahui cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme? Kiat dan trik berikut akan sangat membantu Anda. Mari kita periksa!

1. Tingkatkan Intake Cairan

Anda dapat meningkatkan metabolisme Anda dengan mengonsumsi air bersama dengan cairan sehat lainnya. Air juga membantu tubuh Anda mencabik-cabik lemak lebih cepat.

  • Minum setidaknya delapan hingga sepuluh gelas air setiap hari.
  • Konsumsi air es sekali atau dua kali sehari.
  • Sertakan jus sayuran dan buah segar dalam diet Anda.
  • Konsumsi beberapa cangkir teh herbal seperti teh chamomile, teh jahe, teh peppermint, teh hijau, dan lain-lain.
  • Susu rendah lemak, air kelapa, yogurt, susu kedelai, dan sayuran dan buah-buahan juga akan menjadi pilihan yang baik.

2. Dapatkan Vitamin D

Vitamin D sangat ideal untuk meningkatkan metabolisme dan membantu Anda menurunkan berat badan. Menurut penelitian, rendahnya kadar vitamin D dapat menyebabkan penumpukan lemak, sehingga mengurangi tingkat metabolisme Anda. Bersamaan dengan itu, vitamin ini membantu meningkatkan penyerapan zat besi, kalsium, magnesium, seng, dan fosfat yang sangat penting untuk tubuh yang sehat.

  • Makan makanan kaya vitamin D seperti susu yang diperkaya, ikan berlemak, hati, dan telur.
  • Paparan sinar matahari pagi selama sepuluh menit setiap hari untuk membantu tubuh Anda menghasilkan vitamin D.
  • Konsumsi suplemen vitamin D setelah berkonsultasi dengan dokter.

3. Latihan Harian

Olahraga harian dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme Anda. Tingkat metabolisme Anda akan meningkat ketika berolahraga. Selama masa pemulihan, olahraga akan membantu menjaga pengeluaran energi istirahat tetap tinggi.

  • Lakukan dua sesi latihan kekuatan seminggu.
  • Gunakan tiga puluh menit latihan anaerobik seperti push-up, pull-up & sprint setiap hari.
  • Buat latihan aerobik seperti berenang, bersepeda, berjalan, dan berlari selama sekitar setengah jam setiap hari.

4. Sertakan Buah Dan Sayuran Dalam Diet Anda

Baik buah dan sayuran penuh dengan serat makanan, mineral, vitamin, dan fitonutrien lainnya, yang bekerja luar biasa dalam detoksifikasi tubuh, menekan rasa lapar, mencegah penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan gerakan usus. Nutrisi ini membantu meningkatkan laju metabolisme dengan mengurangi peradangan di tubuh Anda.

Peradangan adalah salah satu penyebab utama obesitas yang disebabkan oleh peradangan dan metabolisme yang lambat. Jadi, sebaiknya sertakan sayuran hijau berwarna-warni dan hijau seperti bayam, kale, kubis Cina, bayam roket, kubis, wortel, tomat, paprika, seledri, dll.

Dalam diet reguler Anda. Juga, tambahkan buah-buahan seperti alpukat, pisang, anggur hitam, apel, jeruk, lemon, nanas, stroberi, blueberry, dll. Untuk diet Anda.

5. Makan Kacang

Mengonsumsi kacang adalah cara lain untuk meningkatkan metabolisme karena banyak mengandung protein, vitamin, dan lemak sehat. Lemak sehat dapat menurunkan kemungkinan obesitas yang diinduksi oleh peradangan dengan mengurangi peradangan.

Kacang juga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme, meningkatkan rasa kenyang, dan membantu memetabolisme lemak. Dianjurkan untuk makan 5 sampai 6 kacang almond yang direndam dengan sarapan Anda di pagi hari.

Juga, Anda dapat memasukkan walnut, kacang macadamia, kacang pinus, dll. Dalam cokelat hitam atau yoghurt untuk memberikan tambahan rasa dan rasa.

6. Mengkonsumsi Asam lemak Omega-3

Menjadi asam lemak tak jenuh ganda, asam lemak omega-3 sangat membantu mengurangi peradangan di tubuh Anda. Saat ini sebagian besar makanan yang kita makan memiliki skala asam omega-3-berlemak & omega-6-asam lemak yang tidak seimbang.

Makan makanan yang mengandung jumlah omega-3 yang baik akan membantu menyeimbangkan skala dan membantu meningkatkan laju metabolisme. Akibatnya, ini akan membantu menurunkan berat badan. Mengkonsumsi ikan, minyak ikan, kedelai, biji rami, bayam, walnut, caviar, biji chia, biji labu, dan kuning telur.

7. Konsumsi Makanan Kaya Besi

Besi memainkan peran penting dalam reaksi metabolik. Dengan demikian, kekurangan zat besi dapat menyebabkan metabolisme Anda untuk mengurangi dan menghilangkan sel-sel oksigen yang dapat mengakibatkan fungsi sel yang tidak tepat. Disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi zat besi seperti sayuran berdaun hijau gelap, kacang, makanan laut, kacang polong, bit, spirulina, cokelat hitam, lentil, kismis, hati sapi, dan pistachio.

8. Ikuti Pola Makan Sehat

Selain mengonsumsi makanan sehat, Anda juga perlu mengikuti kebiasaan sehat untuk meningkatkan metabolisme. Mengkonsumsi makanan reguler & camilan sehat membantu mendukung metabolisme Anda sepanjang hari.

  • Mulailah hari Anda dengan sarapan yang seimbang dan sehat. Menurut sebuah studi pada tahun 2012, sarapan tinggi lemak akan membantu tubuh Anda mengurangi lemak dan meningkatkan metabolisme Anda juga.
  • Di sela-sela makan, makan camilan sehat.
  • Daripada mengonsumsi dua kali makan besar, konsumsilah makanan kecil secara teratur di siang hari.
  • Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, jauhi makan malam yang berat.

9. Tingkat Stres Lebih Rendah

Stres menginduksi resistensi insulin, tekanan darah tinggi, dan peradangan, dll. Di dalam tubuh Anda. Peradangan dapat menyebabkan melambatnya metabolisme. Bagaimanapun, stres tidak baik untuk kesehatan mental dan fisik Anda.

Karena itu, disarankan untuk bersantai dan menghapus pikiran negatif. Anda dapat melakukan sesuatu untuk mengurangi stres seperti memasak, bermain olahraga, bepergian, melukis, menonton film, pergi bersama teman, pergi ke spa dan belajar keterampilan baru.

10. Hindari Lemak Trans

Secara umum, lemak trans tidak baik dan dapat menyebabkan diabetes, penyakit kardiovaskular, perlemakan hati, resistensi insulin, dll. Mengkonsumsi makanan yang memiliki lemak trans dapat menyebabkan peradangan dan penumpukan racun, yang akhirnya mengarah pada metabolisme yang lambat.

Hindari makanan seperti kentang goreng, donat, wafer kentang, makanan yang digoreng, ayam goreng, pizza beku, biskuit, mie goreng renyah, krim non-dairy, dll.

11. Tidur yang cukup

Ini akan menyebabkan penumpukan racun di tubuh Anda, yang mengarah ke peradangan bersama dengan tingkat metabolisme yang lambat jika Anda tidak cukup tidur. Kekurangan tidur sangat erat kaitannya dengan penambahan berat badan.

Pastikan Anda mendapatkan minimal 7 hingga 8 jam tidur setiap hari. Jangan gunakan tempat tidur Anda untuk kegiatan tidak tidur. Misalnya, jangan baca, main gim video, atau nonton TV di tempat tidur.

12. Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan penuh dengan gula, lemak, dan garam dan terdiri dari sedikit atau tidak vitamin dan nutrisi. Makanan ini rasanya enak, namun mereka mengurangi metabolisme Anda. Bersamaan dengan itu, mereka akan membuat Anda merasa lapar dan menginginkan lebih banyak, menyebabkan kenaikan berat badan yang lebih besar. Jadi, hindari roti manis, permen, keripik, makanan cepat saji, permen, dan makanan olahan lainnya.

13. Dapatkan Protein Cukup

Protein tanpa lemak seperti dada ayam, tahu, kacang, dan kacang-kacangan bisa sangat bagus untuk meningkatkan metabolisme Anda. Plus, protein lebih sulit dicerna daripada garam, gula, dan lemak, dan dengan demikian mengharuskan tubuh Anda bekerja lebih keras. Akibatnya, ini akan mempercepat metabolisme.

  • Jangan mengonsumsi keju atau susu olahan.
  • Hindari daging olahan seperti bacon, hot dog, irisan daging sapi, salami, dan burger makanan cepat saji.

Remedies Efektif Untuk Meningkatkan Metabolisme Anda

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Berikut adalah beberapa solusi yang paling efektif untuk meningkatkan metabolisme Anda secara alami.

1. Cuka sari apel (ACV)

Jangan mengabaikan cuka sari apel karena itu adalah obat yang ideal untuk meningkatkan laju metabolisme Anda, membantu Anda membakar kalori dengan lebih efektif. Ini juga mencegah Anda menjadi terlalu asam dengan membius tubuh Anda.

Bagaimana melakukannya ?

Cukup campurkan jumlah ACV yang disiapkan dalam air dan konsumsilah larutan ini setiap pagi & sebelum makan. Untuk hasil terbaik, ikuti rutinitas ini setiap hari.

Efek Samping Cuka Sari Apel

  • Konsumsi berlebihan cuka sari apel dapat menyebabkan keropos tulang dan kadar kalium rendah.
  • Tidaklah baik untuk minum ACV murni karena sangat asam dan dapat mengiritasi jaringan tenggorokan dan kerongkongan.
  • ACV dapat berinteraksi dengan beberapa obat seperti Digoxin, obat diuretik, dan obat diabetes. Jadi, sebelum meminumnya, konsultasikan dengan dokter Anda.

2. Air Lemon Hangat

Air jeruk nipis hangat bermanfaat untuk membius tubuh Anda dan meningkatkan metabolisme Anda. Seiring dengan itu, itu membuat Anda tetap terhidrasi dan membantu melawan keinginan ngemil. Menambahkan beberapa lada hitam ke air lemon akan meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan.

Hal yang Anda butuhkan :

  • Air hangat – 1 gelas
  • ½ lemon
  • Madu – satu sendok teh
  • Bubuk lada hitam – ½ sendok teh

Bagaimana melakukannya ?

Peras jus lemon dan tambahkan ke air hangat. Kemudian, campurkan bubuk lada hitam dan madu. Setelah itu, konsumsilah pada perut kosong di pagi hari. Nikmati setiap hari untuk menyalakan metabolisme Anda.

Efek Samping Air Lemon

  • Konsumsi berlebihan dari air lemon dapat memperburuk refluks asam dan memicu rasa panas di dada.
  • Jus lemon dapat mengikis gigi Anda karena asam sitratnya.
  • Memiliki efek diuretik, air jeruk nipis dapat menyebabkan dehidrasi berlebihan dalam kasus yang jarang terjadi.

3. Jahe

Jahe dapat membantu meningkatkan suhu tubuh ketika dikonsumsi karena memiliki kualitas termogenik. Ini membantu meningkatkan laju metabolisme Anda. Ini juga membantu untuk meningkatkan perasaan puas sehingga Anda mengkonsumsi lebih sedikit dan membakar kalori lebih cepat.

Hal yang Anda butuhkan :

  • Akar jahe cincang segar – satu sendok teh
  • Air mendidih – 1 gelas
  • Madu

Bagaimana melakukannya ?

Pertama, tambahkan jahe dengan air mendidih. Selanjutnya, tutup dan biarkan terjal selama sekitar 10-15 menit. Lalu, saring dan tambahkan madu. Setelah itu, teguk satu cangkir teh ini secara bertahap dua atau tiga kali setiap hari.

Efek Samping Jahe

  • Jika Anda memiliki gangguan pendarahan atau jantung yang buruk, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan jahe sebagai obat.
  • Jika Anda hamil, gunakan jahe dosis rendah. Selain itu, jahe tidak dianjurkan untuk ibu menyusui.

4. Oil Pulling

Oil pulling sering digunakan dalam Ayurveda untuk detoksifikasi tubuh Anda. Plus, itu bisa efektif untuk meningkatkan metabolisme dan mengurangi kelebihan berat badan. Menarik minyak tidak berbahaya, tidak mahal dan mudah dilakukan.

Hal yang Anda butuhkan :

Minyak wijen atau minyak kelapa organik – satu atau dua sendok makan

Bagaimana melakukannya ?

Pertama-tama, masukkan wijen atau minyak kelapa ke mulut Anda dan mulailah mengaduk-aduk di sekitar mulut Anda selama sekitar 20 menit. Keluarkan dan gosok gigimu. Ulangi setiap hari dengan perut kosong di pagi hari.

Catatan: Jangan menelan atau berkumur dengan minyak.

5. Teh hijau

Teh hijau telah terbukti dapat meningkatkan metabolisme Anda hingga 4 hingga 5%. Dapat meningkatkan tingkat metabolisme dan mendorong oksidasi lemak karena mengandung flavonoid dan antioksidan kuat.

Hal yang Anda butuhkan :

  • Daun teh hijau – satu sendok teh
  • Air panas – 1 gelas
  • Madu

Bagaimana melakukannya ?

Tambahkan daun teh hijau ke air panas, tutup dan biarkan campuran mendidih selama sekitar 5 -7 menit. Setelah itu, saring dan tambahkan madu ke dalamnya. Konsumsi sekitar tiga cangkir teh hijau setiap hari.

Efek Samping Teh Hijau

  • Teh hijau mengandung kafein dan asupan kafein yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah.
  • Tanin hadir di dalamnya meningkatkan keasaman lambung, yang dapat menyebabkan mual, sakit perut, atau sembelit.
  • Jika Anda hamil, berhati-hatilah saat menggunakan teh hijau karena mengonsumsi lebih dari dua cangkir teh hijau sehari telah dikaitkan dengan peningkatan risiko keguguran bersama dengan efek negatif lainnya.

Warnings !!!

  • Konsumsi makanan tinggi kalsium, zat besi, serat, protein, dan vitamin C dan B.
  • Jangan pernah melewatkan sarapan.
  • Sertakan ikan berminyak seperti salmon dan tuna dalam diet Anda.
  • Jangan mengonsumsi pil otc untuk meningkatkan metabolisme.
  • Jangan membuat diri Anda kelaparan karena dapat mengurangi metabolisme Anda secara drastis.
  • Konsumsilah secangkir kopi setiap hari karena sejumlah kecil kafein dapat meningkatkan metabolisme Anda dengan mendorong sistem saraf pusat Anda.
  • Sertakan makanan organik dalam diet reguler Anda, karena toksisitas dari pestisida dapat memperlambat metabolisme dan meningkatkan berat badan.

Sekian dari pembahasan kali ini yang mengenai tentang cara meningkatkan metabolisme tubuh secara alami, semoga dengan adanya pembahasan di atas dapat bermanfaat untuk semuanya, dan terimakasih atas kesediannya mengujungi situs kami di jualwalatrazedoril7.com. Jangan lupa baca juga artikel enarik lainnya hanya di situs kami.

Baca Juga :

Cara Menyembuhkan Jerawat Punggung

Posted by Walatra Zedoril 7

19 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Secara Alami Dan Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *